Poztmo™ Media

6 Fakta Unik dan Menarik Tentang Tubuh Manusia

Advertisements
Tubuh manusia adalah salah satu bentuk ciptaan Tuhan yang paling Sempurna. Sangat Efisien, rumit dan misterius, dan memiliki kapabilitas atau feature yang begitu lengkap. Tubuh manusia bisa dikatakan sebagai salah satu keajaiban ciptaan Tuhan yang tiada taranya. Tapi, tahukah anda bahwa banyak fakta mengejutkan tentang tubuh anda? Berikut ini adalah 6 Fakta menarik tentang tubuh kita :

Tiap 1 inci Kulit kita mengandung 32 juta Bakteri
Wow, 32 juta bakteri di tiap 1 inci kulit kita? Kedengarannya memang tidak masuk akal dan sangat menjijikkan. Namun anda harus tahu, bahwa fakta 32 Juta bakteri itu tidak semuanya adalah bakteri buruk, bahkan sebagian adalah bakteri-bakteri yang penting dan sangat perlu bagi kehidupan kita.

Manusia adalah tikus?
Manusia memiliki 95% kesamaan genetika dengan tikus, itulah mengapa para ilmuwan dan peneliti menggunakan tikus untuk berbagai uji coba. Namun, tahukah bahwa fakta kemiripan itu terjadi karena sebagian besar dari DNA kita adalah hitam - yang dikenal sebagai 'DNA sampah' - yang berarti bahwa kita secara teknis sangat mirip dengan semua hewan yang ada. Salah satu fakta dunia yang paling menakjubkan tentang tubuh manusia.

fakta tentang tubuh manusia

Manusia Berasal dari Luar Angkasa
Anda mungkin bertanya-tanya, dari mana datangnya analisa ini. Tubuh kita tercipta dari protein yang berasal dari asam amino. Asam Amino adalah senyawa karbon, dan senyawa karbon ini di temukan di meteroit-meteroit yang berterbangan di luar angkasa. Sebagian ilmuwan menyatakan bahwa asal muasal kehidupan di bumi sekarang berasal dari meteroit yang jatuh ke bumi. Walau hal tersebut adalah fakta (bahwa manusia terbuat dari protein asam amino), namun kesimpulan tentang asal muasalnya jelas absurd secara bahwa fakta juga tubuh kita mayoritas terdiri dari air, nanti jangan-jangan asal muasal kita dihubungkan dengan ikan ataupun lautan.


Otak adalah Modul
Debat telah berkecamuk tentang apakah otak manusia adalah sebuah 1 kesatuan atau terdiri dari berbagai modul. Itu berarti apakah otak bekerja secara keseluruhan, atau memakai sistem modul yang terdiri dari area-area yang lebih kecil berfungsi secara independen dan saling berkomunikasi. Ketidakmampuan atau kerusakan sebagian modul pada otak tidak akan mempengaruhi otak secara keseluruhan.

Kapasitas daya ingat / penyimpanan data oleh otak
Anda mungkin bertanya-tanya, andai otak kita adalah flashdisk, kira-kira, berapa sih kemampuan atau kapasitas penyimpanan data otak? Beberapa peneliti telah melakukan penelitian tentang hal ini dan menemukan bahwa otak manusia sekarang memiliki kemampuan daya ingat (penyimpanan data) berkisar antara 1 s/d10 terrabytes. Namun perhitungan ini dengan asumsi bahwa setiap neuron pada otak menyimpan 1 bit data. Namun sebagaimana kita ketahui, otak kita adalah benda terkompleks pada tubuh manusia, dimana kita harus ingat bahwa otak memiliki metode yang jauh lebih baik, sehingga kemungkinan kemampuan menyimpan data dari 1 buah neuron pada otak bisa melebihi  1 bit data.

Otak Dapat di Bentuk
Jika anda pegang kepala anda, maka anda akan menemukan tengkorak keras yang melingkupi otak, tapi tahukah anda bahwa otak ternyata bisa dibentuk dan diubah dan juga berubah beriringan dengan bagaimana kita menggunakannya. Otak memiliki kemampuan mengembang dan mengempis seperti otot, yang dikenal dengan "brain plasticity'.

Menarik bukan ternyata banyak fakta unik menarik tubuh manusia yang semoga membuka cakrawala anda.

Advertisements