Poztmo™ Media

Tokoh - Tokoh Superhero Indonesia Jadul

Inilah daftar Tokoh karakter Superhero hasil asli karya kartunis Indonesia. Saat bangsa kita dijajah oleh berbagai tokoh Superhero import seperti Superman, Batman, Spiderman, X-Man, dan lain-lain, sebenernya sejak dahulu kala Indonesia telah memiliki tokoh-tokoh Superhero yang gak kalah sama kesaktian para tokoh super hero import tersebut.

Sebut saja Gatot Kaca, yang memiliki kemampuan terbang dan kekuatan layaknya superman, memiliki otot sekuat kawat dan tulang sekeras besi. Sayang karakter Gatot Kaca ini digambarkan sebagai kesatria berkumis. Sehingga mungkin itu salah satu penyebab sangat jarang anak muda sekarang yang mengidolakan Gatot Kaca.

Tokoh Superhero Indonesia | Gatot Kaca

Nah, dalam kesempatan ini World Entertainment akan membahas tentang Tokoh SuperHero Indonesia Jadul, alias para superhero jaman baheula. Berikut ini adalah beberapa tokoh super hero Indonesia jadul yang berhasil dikumpulkan :

Godam Manusia Besi
Tokoh Superhero Indonesia | Godam Manusia Besi


Godam pertama kali muncul di komik "Memburu Doktor Setan" pada tahun 1969. Karakter Superhero ini diciptakan oleh Wid N.S. Godam adalah putra bangsawan kerajaan Godam, sebuah kerajaan dari dimensi lain. Cerita Godam berkisar tentang kepahlawanan Godam memerangi kekejaman Ratu Candalani.


Gundala Putera Petir
Tokoh Superhero Indonesia | Gundala Putra Petir

Gundala hadir pertama kali tahun 1969 lewat komik karya Hasmi berjudul "Gundala Putra Petir". Karakter Gundala sangat dipengaruhi oleh karakter superhero dari Amerika serikat, Captain America. Gundala adalah seorang ilmuwan yang mendapatkan kelebihan setelah tersambar petir. Dia diangkat menjadi putra oleh Raja Petir bernama kaisar Kronz, dan diberi kemampuan pukulan petir, serta memiliki kemampuan berlari secepat angin dari kekuatan yang di beri oleh Raja Taifun dari kerajaan Bayu. Gundala berpakaian hitam-hitam dengan celdam berwarna merah, dan topeng yang menutupi hampir seluruh wajahnya guna menyamarkan jatidiri asli nya. Tugas Gundala apalagi kalau bukan membasmi kejahatan di muka bumi ini.


Aquanus
Tokoh Superhero Indonesia | Aquanus
Muncul pertama kali dalam komik berjudul Aquanus di Planet Vibhy pada tahun 1968. Aquanus berasal dari planet Zyba yang terdampar ke bumi ketika masih bayi. Sejak bayi, Aquanus memiliki kemampuan yang dimiliki oleh para penghuni planet Zyba, yaitu memiliki kemampuan bernafas dalam air. Aquanus memiliki senjata andalan berupa sabuk berwarna pelangi.

Caroq
Tokoh Superhero Indonesia | Caroq

Caroq diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992. Karakter Superhero yang satu ini nama aslinya Ongko yang berprofesi sebagai sopir taksi. Ia memiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

Sembrani
Tokoh Superhero Indonesia | Sembrani

Sembrani sebenarnya adalah tokoh karya Hasmi yang hadir ditengah ketenaran Gundala. Muncul pertama kali dalam serial Gundala 1000 Pendekar pada tahun 1974.  Sembrani sebenarnya adalah bernama Tangguh, yang memiliki kemampuan menetralisir medan magnet dan listrik, menetralisir racun, serta memiliki kemampuan terbang. Kemampuan itu didapat dari kalung yang dia peroleh dari sebuah pesawat UFO yang terjatuh di kawah gas beracun gunung Dieng.


Zantoro
Tokoh Superhero Indonesia | Zantoro

Zantoro berasal dari keluarga yang kurang harmonis, adiknya yang bernama Mantoro tinggal bersama sang ibu, sedangkan Zantoro tinggal bersama sang ayah. Sang ayah merupakan seorang pedagang dan ahli dalam pembuatan senjata tajam. Zantoro juga mewarisi kemampuan sang ayah dalam membuat senjata tajam dan juga ahli dalam memainkannya. Zantoro amat benci dengan kejahatan, ia akan merasa sangat geram jika melihat tindak kejahatan di depannya, dan tak sedikit penjahat kelas teri dan kelas kakap yang berhasil diringkus oleh Zantoro.

Sebenarnya masih banyak lagi karakter-karakter atau tokoh superhero Jadul Indonesia asli yang di ciptakan oleh para komikus tanah air. Kini, diera modern ini, sudah banyak sekali karakter superhero karya bangsa Indonesia yang tak kalah dengan superhero dari Amerika. Berikut ini beberapa photo atau gambar para superhero Indonesia Modern :
alt=
Garong
Tokoh Superhero Indonesia|GunturGen
GunturGen
Tokoh Superhero Indonesia | Satria Garuda
Satria Garuda
Tokoh Superhero Indonesia | Winda Gang
Winda Gang