Poztmo™ Media

Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

Advertisements
Siapa sih yang mau terserang dan mengidap bau mulut? Bau mulut sangat mengganggu aktifitas kita. Sosialisasi jadi terganggu, apalagi kalo kita lagi PDKT sama someone. Jangan sampai hal tersebut membuat orang yang berbicara dan dekat kamu menjauh, atau malah sampai nutup hidungnya menahan bau yang sangat nagaaaaaa... hahhhh!

Bau Mulut memang membuat orang jadi minder, tidak pede, yang membawa efek negatif pada produktifitas, apalagi kalo kita ini bekerja sebagai sales yang musti nawar-nawarin barang ke orang.

Survey membuktikan, bahwa gangguan yang dikenal dengan sebutan  halitosis itu sebenarnya mayoritas berasal dari kesalahan kita sendiri, terutama dalam hal gaya hidup yang kurang bersih alias kurang menjaga kebersihan dan kesehatan. Nah, kali ini kita akan membahas sedikit tentang Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkan Bau Mulut.

cara menghilangkan bau mulut

Faktor penyebab Bau mulut (halitosis) :
  • Bakteri yang bersarang di mulut kita. Bakteri-bakteri ini hidup, bersembunyi dan berkembang biak di mulut kita, terutama di gigi dan lidah. Bakteri ini mengeluarkan zat yang menimbulkan aroma bau yang kurang sedap di hidung orang lain, salah satu jenis bakteri yang menyebabkan bau mulut adalah bakteri Solobacterium Moorei.
  • Tonsil atau amandel. lubang kecil di amandel kita yang disebut crypts, ternyata bisa menimbulkan bau mulut. Di lubang inilah sisa makanan menyangkut dan kuman berkembang biak, yang akhirnya menimbulkan gas yang cukup menyengat.
  • Makanan dan minuman. Makanan dan minuman, tanpa kita sadari apa yang kita makan dan minum memiliki andil yang sangat besar untuk masalah bau mulut.
  • Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa mengakibatkan bau mulut. Gas yang timbul akibat dari proses pencernaan yang kurang baik di perut dan saluran pencernaan kita akan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.
  • Penyakit yang diidap (infeksi saluran nafas, sinus, bronkitis, diabetes, gangguan ginjal, liver, asam refluks kronis, dll), serta faktor-faktor hal-hal lain.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Untuk mengatasi dan menghilangkan bau mulut, minimal mengurangi bau yang keluar dari mulut, maka tips-tips dibawah ini bisa dipakai dan dicoba :
  • Banyak minum air putih. Salah satu faktor penyebab bau mulut adalah lidah dan kondisi mulut yang kering. Dengan mengkonsumsi air putih, maka mulut diberi cairan kembali yang bisa mengurangi bau mulut.
  • Gosok Gigi yang teratur, sebelum tidur dan sesudah makan. Dengan gosok gigi yang teratur, maka sisa-sisa makanan yang menyelap di sela-sela gigi akan lebih bisa dibersihkan, dan tentu saja bakteri-bakteri yang hidup di mulut dan lidah akan bisa dikurangi. Semua dokter pasti menyarankan hal ini untuk mengatasi bau mulut. Bersihkan juga langit langit mulut dan lidah anda. Bersihkan juga bagian bawah lidah, karena biasanya di kedua tempat inilah bakteri penyebab bau mulut berkembang biak.
  • Rawat Gigi. Gigi yang berlubang adalah penyumbang bau mulut yang cukup menyengat. tanpa kita sadari, lubang-lubang kecil di gigi kita adalah sumber bau mulut akibat bersemayamnya sisa makanan dan bakteri. Walau kita tidak mengalami rasa sakit pada gigi berlubang, ada baiknya rawat gigi berlubang anda dengan menambalnya.
  • Proses pencernaan yang kurang sempurna mampu menimbulkan bau mulut. Makanlah yang secukupnya, jangan terlalu kenyang. Lancarkan buang air besar anda agar perut tidak penuh dan pencernaan menjadi lancar, hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan penuh serat.
  • Jauhi makanan-makanan pemicu bau mulut, seperti petay, jengkol, daging, durian, ikan, bawang putih, makan berlemak dan sebagainya, termasuk diantaranya rokok dan minuman-minuman beralkohol. 
  • Gurah Saluran Pernafasan. Ini adalah salah satu cara untuk cepat menghilangkan bau mulut. Saluran pernafasan diketahui mampu menimbulkan bau mulut akibat dari saluran pernafasan yang kotor (seperti akibat nikotin rokok dan sebagainya).
  • Berolah raga yang teratur. Olah raga akan membantu tubuh mengeluarkan zat-zat buruk dalam tubuh, melarutkan racun dalam tubuh yang bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.
Semoga cara mengobati bau mulut diatas mampu membantu menghilangkan bau mulut yang anda atau teman anda idap, atau setidaknya mampu membantu mengatasi serta mengurangi kedasyatan bau mulut.