Poztmo™ Media

Google Translate - Google Terjemahan

Keterbatasan kita dalam menguasai berbagai macam bahasa internasional, membuat diperlukannya sebuah program atau aplikasi translate bahasa. Kalau dahulu kita mengenal berbagai program translate Inggris - Indonesia atau sebaliknya dengan nama Transtool, sebuah aplikasi stand alone untuk menterjemahkan bahasa inggris - indonesia, maka kini anda tidak perlu melakukan download dan sebagainya, karena sudah tersedia aplikasi online bernama Google Translate.

Cukup dengan koneksi internet, sebuah PC atau notebook, maka anda bisa mengakses situs penterjemah gratis ini. Kelebihan Google Translate atau dalam  Indonesia baku berarti Google Terjemahan, adalah anda mampu menterjemahkan kata kata, kalimat maupun tulisan ke lebih dari 64 Bahasa Dunia. Yang anda harus lakukan adalah cukup masuk ke http://translate.google.com, maka anda akan langsung disuguhi tampilan simple yang terdiri dari 2 kolom, yaitu kolom untuk memasukkan kata, kalimat atau tulisan yang terletak di sebelah kiri, dan kolom sebelah kanan untuk menampilkan hasil terjemahan.

Google Translate - Google Terjemahan

Untuk melakukan penerjemahan, anda menuliskan atau mempastekan tulisan anda ke kolom sebelah kiri, kemudian pilih jenis bahasa tulisan anda (untuk lebih mudahnya pilih Detect Language) dan pilih bahasa tujuan, setelah itu klik Translate. Maka seketika hasil terjemahannya akan langsung tampil di kolom hasil.

Walau begitu, anda harus tetap mengedit kembali hasil terjemahan tersebut karena kadang-kadang hasilnya tidak baku alias tidak sesuai dengan grammar atau tata bahasa yang bersangkutan.

Download Google Translate

Bahasa Google Translete

bahasa-bahasa yang didukung untuk penterjemahan adalah sebagai berikut :
Afrikaans, Albania, Arab, Armenia, Azerbaijan, Basque, Belarusia, Bengali, Bulgaria, Catalan, Cina (Sederhana), Cina (Tradisional), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Filipina, Finlandia, Perancis, Galicia, Georgia, Jerman, Yunani, Gujarati, Creole Haiti, Ibrani, Hindi, Hungaria, Islandia, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Kannada, Korea, Latin, Latvia, Lithuania, Macedonia, Melayu, Malta, Norwegia, Persia, Polandia, Portugis , Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thai, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, Welsh, Yiddi.

Download Google Translate

Bagi anda pemilik gadget Android, anda bisa memasang aplikasi ini dengan menDownload Google Translate For Android dari Android Market secara cuma-cuma.

Untuk anda pemilik gadget Blackberry, anda bisa men Download Translate for Blackberry dari BlackBerry App World. Walau ini bukan aplikasi resmi dari google, namun aplikasi Google Translate for Blackberry ini menggunakan Engine dari Google Translate.

Bagi anda pemilik gadget keluaran Apple seperti iPhone, iPod dan iPad, anda bisa mengunduh aplikasi ini langsung dari gadget anda di  Apple App Store.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.