Poztmo™ Media

Badai Matahari - Akhir Peradaban Manusia

Advertisements
Heboh berita tentang akhir dunia atau kiamat di tahun 2012 ini cukup santer berkembang. Berbagai isyu tentang penyebab kiamat atau kehancuran bumi tersebut memiliki beberapa versi, seperti akibat dari tabrakan asteroid dengan bumi, tumbukan komet ke bumi, dan yang akhir-akhir ini berkembang adalah akibat badai matahari.

Yang menjadi titik menarik dari hal ini adalah, apa sih badai matahari itu? Secara umum, Pengertian Badai Matahari adalah kondisi ekstrim matahari dimana terjadi kegiatan semburan massa matahari yang masif yang terjadi di permukaan atmosfir matahari. Sebenarnya badai matahari sering terjadi, namun dengan skala yang sedikit, namun efek badai matahari cenderung negatif bagi bumi, karena Badai matahari memancarkan lontaran massa korona (coronal mass ejection)  yang mengandung Sinar X dan radiasi ultraviolet yang berlebihan yang terlontar ke angkasa akan mengarah kesekitarnya, termasuk ke bumi, sehingga secara langsung mempengaruhi ionosfer Bumi. Akibatnya tentu sangat banyak.

badai matahari - mass coronal ejection - kiamat

Pada tahun 1859, badai matahari membuat sistem telegraf di seluruh Eropa dan Amerika Utara mengalami kekacauan. Bahkan kertas-kertas telegraf terbakar. dampak dari badai matahari yang lain adalah terjadinya lonjakan arus listrik yang bisa mencapai milyaran Watt, jika gelombang listrik ini mencapai bumi, maka medan magnit bumi akan kacau balau, sehingga sistem satelit, listrik, dan frekuensi radio akan kacau dan mati. Selain itu akibatnya peralatan elektronik yang ada di bumi akan rusak, bahkan hangus terpanggang komponen-komponennya. Bumi akan kembali ke masa pra sejarah, dimana tidak ada listrik.

Dampak atau Efek Badai Matahari yang mengerikan itu tentu membuat dan memicu sebuah kekawatiran baru tentang berakhirnya peradaban di Bumi. Apalagi jiga Coronal Mass Ijection itu terlontar sampai ke bumi, maka mengakibatkan peningkatan suhu bumi yang sangat signifikan, bahkan bisa-bisa bumi terpanggang. Hal ini telah terjadi dengan planet Merkurius tanggal 1 Desember 2011 lalu (berita tentang hal tersebut bisa dilihat di sini : Penampakan UFO di planet Merkurius). Planet tersebut terkena semburan lidah api matahari dan terlihat membara terpanggang layaknya bola tenis yang disembur api.

Apalagi pada badai matahari sebelumnya, jarak semburan telah mencapai 700.000 km dari atmosfir matahari, dan diprediksikan Pada tahun 2012, jilatan api Badai Matahari tersebut akan mencapai planet Bumi.

Akankah 2012 akan menjadi akhir bumi? Akankah Badai Matahari akan memusnahkan umat manusia? Hanya pada Allah aku berserah diri, dan hanya pada Allahlah aku memohon perlindungan.