Poztmo™ Media

Contoh Proposal Berbagai Kegiatan

Dalam membuat proposal, terutama proposal kegiatan, maka diperlukan rincian tentang aktifitas kegiatan tersebut, mulai dari latar belakang, maksud dan tujuan, aktifitas yang akan dilakukan dan hal-hal detail lainnya. Bila anda masih bingung dalam membuat proposal kegiatan, maka anda bisa melihat contoh proposal kegiatan yang disertai link download dibawah ini.

Berikut ini adalah cuplikan contoh Proposal yang bisa anda pakai, yang membahas tentang Proposal Kegiatan Acara Perayaan HUT RI dan proposal pendanaan sebuah aktivitas kegiatan.

contoh proposal

Contoh Proposal Kegiatan I


PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
    Tema HUT RI ke-63: “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Pembangunan Ekonomi Menuju Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, serta Kita Perkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Tantangan Global”.
  2. MAKSUD DAN TUJUAN
    MaksudAdapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan dalam menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 63 pada tanggal 17 Agustus 2008
  3. Tujuan Kegiatan
    Adapun tujuan diadakannya acara ini.
      • Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga RT03/RW02 Kelurahan Kelapa Gading Barat Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara
      • Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara anak-anak.
      • Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara anak-anak
      • Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.
  4. DASAR KEGIATAN
    Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan :
    • Pancasila sila ke-3, "Persatuan Indonesia".
    • Petunjuk dan arahan bapak Ketua RW 02 tentang pelaksanaan kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke 63 di tingkat RT di lingkungan RW 02 Kelurahan Kelapa Gading Barat Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara.

ISI PROPOSAL
TEMA KEGIATAN
Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan warga antar generasi serta kegiatan anak-anak yang bersifat mengembangkan daya kreatifitas, ketrampilan, ketangkasan dan sportifitas.
MACAM KEGIATAN
Acara syukuran HUT RI ke 63 , 17 Agustus 2008
Syukuran & Doa
Santap Malam Bersama & Ramah Tamah
Detil pelaksanaan akan ditetapkan kemudian
Perlombaan balita dan anak-anak
Tingkat Balita (usia 0 – 5 tahun) 3 lomba
Tingkat SD (usia 6 – 12 tahun) 5 lomba
Jenis perlombaan akan ditetapkan kemudian
PESERTA
Seluruh warga RT03/RW02 Kelurahan Kelapa Gading Barat
Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara.

Itulah sekilas cuplikan atau sebagian dari contoh proposal kegiatan. Bagi anda yang membutuhkan contohnya, bisa langsung melihatnya di link dibawah ini :


Contoh Proposal Kegiatan 2

PENDAHULUAN
Internet merupakan media komunikasi yang terus berinovasi. Angka pertumbuhan pengguna internet terus bertambah dari tahun ke tahun. Pada desember 2011, Indonesia menempati urutan ke-4 pengguna internet terbanyak di Asia (sumber: www.internetworldstats.com).
Internet bagaikan pedang bermata dua, di satu sisi kita dapat merasakan manfaat dari penyebaran informasi yang lebih cepat dan lebih mudah melalui media website atau blog. Di sisi lain, kemudahan penyebaran informasi banyak dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menyebarkan konten negatif, merusak citra produk/daerah atau menyebarkan isu SARA yang dapat merusak keutuhan NKRI.
Merujuk angka pertumbuhan pengguna internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun, maka dapat dipastikan bentrok antara konten positif dan konten negatif akan terus terjadi di internet. Lembaga yang menangani masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi di Daerah maupun Nasional belum cukup mampu dalam menangani kontrol konten di dunia maya.
Sebagai salah satu aktor dunia maya, blogger memegang peran penting dalam kontrol konten di Internet. Sebagai salah satu komunitas Blogger daerah, Komunitas Blogger Jogja memiliki visi untuk menjaga citra daerah di dunia maya. Hal kecil yang telah kami kerjakan adalah menjaga citra “cewek jogja” dan “abg jogja” di mata mesin pencari Google.com dan di mata para pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut.
Visi kuat yang ada dalam komunitas Blogger Jogja ingin kami bawah lebih jauh agar blogger Indonesia bersatu melakukan kontrol konten di dunia maya. Salah satu cara yang akan kami lakukan adalah menghadiri kegiatan kopdar Blogger Nusantara yang akan dilaksanakan di Makassar pada November 2012. Dengan menyampaikan cita-cita kami, kiranya komunitas dari daerah lain bisa terinspirasi melakukan hal yang sama.
Blogger Nusantara digagas sebagai paguyuban blogger yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan blogger Indonesia.
Paguyuban dari asal kata "guyub" yang berarti "rukun". Setiap blogger pasti memiliki harapan tentang "kerukunan blogger" itu. Bahkan setiap kita mempunyai mimpi yang harus digapai. Dan tidak ada salahnya ketika kita bermimpi tentang paguyuban blogger ini.
Saat kopdar itulah, kita bisa mulai menapakkan langkah kaki pertama menuju terwujudkan mimpi dan cita paguyuban blogger Nusantara.
Sebagai bukti kegiatan yang telah kami kerjakan terkait kontrol konten, bersamaan proposal ini kami melampirkan hasil pencarian di Google untuk kata kunci “Cewek Jogja” dan “Abg Jogja” sebelum dan sesudah pelaksanaan.

A. BENTUK DAN TEMA KEGIATAN
Bentuk kegiatan : Kopdar Akbar Blogger Nusantara

B. TUJUAN KEGIATAN
Kopdar Akbar Blogger Nusantara bertujuan untuk menjalin silahturami antar sesama blogger se-Nusantara. Blogger berkumpul untuk bertukar pikiran dan berbagi untuk saling mensejahterakan diri, saling menjaga untuk tetap dalam koridor etika kebaikan.

Kehadiran Komunitas Blogger Jogja diharapkan dapat memberikan warna tersendiri di dalam paguyuban Blogger Nusantara. Besar harapakan, kami bisa mengangkat dan menjaga citra daerah sebagai wadah di mana kami bersatu. Kiranya apa yang telah kami lakukan dan apa yang ingin kami capai bisa menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk bersatu di daerah masing-masing dan bekerja sama mengangkat kearifan-kearifan lokal daerah masing-masing melalui media blog.

C. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu : 9 – 11 November 2012
Tempat : Makassar, Sulawesi Selatan

D. PENYELENGGARA
Komunitas Blogger Nusantara

E. Rencana Anggaran
(Terlampir)

F. Penutup
Demikian rancangan kegiatan ini, semoa rancangan ini dapat memberikan gambaran dan pertimbangan kepada Bapak/Ibu dalam mengambil keputusan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Download contoh proposal kegiatan 2 Lengkap : Disini