Poztmo™ Media

Fakta Unik dan Menarik Seputar Google

Advertisements
Fakta Unik Seputar Google. Google, siapa sih yang tidak kenal mesin pencari terbesar di dunia maya ini? Interafacenya yang simple pada mesin pencarinya, layanananya yang begitu banyak dan mayoritas adalah Gratis, membuat google terkenal dan merajai dunia Internet. Sampai-sampai hadir sebuah jorgan dengan bunyi : "Internet Adalah Google - Google adalah Internet".

Mr. G - Tuan yang tahu segalanya lewat Search Enginenya, memang menjadi barometer sumber data utama bagi hampir semua bidang. Mulai dari hal kecil seperti virus komputer sampai dengan hal terbesar seperti Kiamat, semua terdata dalam hasil pencarian Google. Silahkan ketik kata kata umum apapun di google Search, dalam semua bahasa, dijamin anda akan mendapatkan hasil pada halaman yang disebut SERP atau Search Engine Result Page nya Big-G ini.

Belum lagi layanan-layanan yang disediakan oleh google, mulai dari Email gratis Gmail, Google Translate, Google Talk, Picasa, Google Map, Google Street View, Youtube, News, Google Merchants, sampai dengan layanan favorit para webmaster : Blogger, serta belasan layanan lainnya, membuat Google menjadi Gurita di dunia maya.
fakta unik menarik tentang google
Namun tahukah anda beberapa fakta unik dan menarik tentang google? Berikut ini adalah Fakta Menarik Tentang Google yang dihimpun dari berbagai portal, dengan menggunakan data dari tahun 2010 - 2011 untuk menggambarkan betapa dasyatnya Google ini.

Fakta Unik - Menarik Tentang Google

  • Tahun 2011, google mendapatkan lebih dari 29,3 Milyar Dollar. Angka yang menakjubkan, dimana angka tersebut melebih dari penggabungan GDP 28 Negara Termiskin di Dunia.
  • 97% Pendapatan Google tersebut berasal dari Iklan
  • 2,5 Milyar Dollar dari total pendapatan Mr. G ternyata merupakan pendapatan dari Iklan pada platform Mobile seperti handphone dan gadget. 
  • Mayoritas income dari iklan tersebut berasal dari pembelian saldo Adwords.
  • Ternyata terdapat 5 kata kunci yang mendatangkan income terbesar bagi google Adwords, keyword termahal dalam jaringan adwords tersebut adalah : Insurance, Loans, Mortgage, Attorney dan Kredit.
  • Pendapatan yang begitu besar tersebut dikarenakan salah satu faktor pendukung utama yang menunjangnya, yaitu Google Search, dimana situs tersebut mendatangkan lebih dari 1 Milyar Unique Visitor setiap bulan, dalam artian 1 dari 7 orang di Planet Bumi ini berkunjung dan membuka google setiap bulannya. 
  • Yang lebih menakjubkan adalah fakta yang mengungkap bahwa setiap visitor tersebut menghabiskan sekitar 200 menit di halaman-halaman raja pencarian itu setiap bulannya, yang sama dengan 200 Milyar menit lebih. Jika dikalkulasikan dalam tahun, maka sama dengan 380 ribu tahun lebih.
  • Dengan kesemua pencarian dan kunjungan visitor yang sebegitu banyaknya, membuat google telah mengkonsumsi lebih dari 260 juta watt listrik untuk memberi energi pada data center yang mereka miliki, atau setara dengan 1/4 energi listrik yang di hasilkan oleh sebuah reaktor nuklir.
  • Pada tahun 2010, tercatat google telah mengkonsumsi lebih dari 2 milyar Kilo-watt Listrik, atau sama dengan setengah dari energi listrik yang dihasilkan sebuah pembangkit listrik tenaga air selama 1 tahun.
Menakjubkan bukan? itulah gambaran sekilas tentang Gurita Raksasa Dunia Maya - Google.

Advertisements