Poztmo™ Media

Planet Mars Pernah Memiliki Air

Badan Antariksa Jerman, DLR, berhasil menciptakan mozaik topografi dari permukaan planet Mars dengan sangat detail. Mengandalkan hasil dari kamera resolusi tinggi yang terdapat pada Pesawat Ruang Angkasa milik European Space Agency - Mars Express, yang mengorbit di Planet Mars. DLR mampu menciptakan skema 3 dimensi dari wilayah Tiu Vallis, salah satu wilayah di planet mars.

Mozaik geografi planet Mars tersebut sangat mengejutkan, dimana dari hasil fotonya, mengungkapkan fakta unik tentang planet Mars. Hasil analisa menyebutkan bahwa daerah Tiu Vallis di Planet Mars tersebut diduga diciptakan oleh aliran air yang besar, diperkirakan sebuah banjir raksasa - bah atau bahkan tsunami.

Foto 3D yang merupakan perwakilan luas sekitar 380 Km persegi dari sebagian wilayah Tiu Vallis itu merupakan penggabungan dari foto-foto yang dihasilkan oleh kamera pesawat Mars Express dari 10 titik orbit.

Menurut perwakilan German Aerospace Center (DLR) : "Hasil analisa foto membuka kenyataan bahwa air yang mengalir di Tiu Vallis telah menimbulkan kedalaman antara 1500 dan 2000 meter di dataran tinggi Mars."

Berikut ini adalah gambar-gambar dari permukaan Tiu Vallis di Planet Mars tersebut.

Permukaan Tiu Vallis - Planet Mars

Permukaan Tiu Vallis - Planet Mars

Wilayah Tiu Vallis ini, termasuk  lembah dan kawah yang ada disekitarnya diperkirakan telah diukir oleh massa energik cairan yang masif di masa lalu.

Jika disangkutkan dengan teori bahwa ada air berarti ada kehidupan, maka akan timbul sebuah perkiraan mendasar, bahwa, dahulu kala, berjuta-juta tahun yang lalu, pernah ada kehidupan di planet Mars, dan akhirnya musnah seiring dengan mengeringnya air di planet Mars.