Poztmo™ Media

SkateBoard Unik : Dikontrol dengan Pikiran

Advertisements
Sudah sejak lama kita mengenal istilah telepati, namun bagaimana ilmu telepati ini di terjemahkan kedalam sebuah alat, dengan perantara gelombang sinyal wifi atau sinyal celullar lainnya? Atau jika kita sudah mengetahui tentang mobil yang dikontrol dengan suara, bagaimana jika sebuah terobosan membuat manusia mampu membuat mobil yang dikontrol oleh pikiran.

Inilah yang terjadi pada kreasi dari seorang pria bernama Whurley dari Chaotic Moon Labs. Dia berhasil menciptakan sebuah peralatan skateboard unik. Bentuknya seperti papan skateboard biasa lainnya kecuali pada bagian roda yang jauh lebih besar. Terus, apa yang spesial dari skateboard ini? Hanyalah sebuah mesin bertenaga 800 watt yang diletakkan dibawah papan skateboard. Lalu? Apa yang unik jika ini hanyalah sebuah papan skateboard yang diberi mesin? Keunikannya adalah bahwa papan skateboard bermesin ini menggunakan pikiran otak manusia untuk mengontrolnya.

skateboard unik

peralatan keren ini menggunakan otak manusia untuk mengontrol kecepatan dan tujuan dari skateboard tersebut. Dan yang paling menarik adalah, untuk mengontrol sakteboard ini dengan pikiran, "hanya" dibutuhkan sebuah Emotiv EPOC Headset (alat khusus untuk menangkap sinyal neurotic otak), sebuah Samsung Tablet dengan Sistem Operasi Windows 8 (masih model developer preview), dan sebuah aplikasi hasil kreasinya sendiri.

Konsep kerja alat ini sangat sederhana. EMOTIV EPOC menangkap sinyal neurotic otak dan menyalurkannya ke Tablet Samsung. Oleh Tablet tersebut, sinyal yang masuk lewat jalur USB ini diterjemahkan oleh sebuah aplikasi khusus karya Whurley yang menterjemahkan sinyal neurotic tersebut menjadi perintah-perintah yang dikirimkan tablet samsung ke mesin skateboard.


Skateboard ini mampu mencapai kecepatan sampai sekitar 50 Km/jam, cukup cepat untuk sebuah skateboard. Namun ada sedikit masalah yang menjadi kendala pengembangan teknologi ini, yaitu konsentrasi. Karena kemungkinan mesin yang mendadak berhenti akan membuat anda terlontar lumayan jauh kedepan (yang tentunya bakal menyakitkan) jika anda kehilangan konsentrasi saat "mengemudikan" skateboard ini.

Mungkin kelak, ide skateboard unik yang dikontrol oleh pikiran ini akan lebih berkembang, yang tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah batu loncatan menuju ke hal-hal menakjubkan lainnya dengan menggunakan kekuatan pikiran.

Sebuah kata mutiara mengatakan : Masa Depan Hanya dibatasi oleh Imajinasi dan pikiran.

Advertisements