Poztmo™ Media

Penyebab dan Tips Mengatasi Keriput

Advertisements
Penyebab Keriput dan Tips Mengurangi Keriput. Begitu banyak problem yang dihadapi kaum wanita, salah satunya adalah masalah kulit, mulai dari ujung telapak kaki sampai kulit kepala. Dan problem yang paling banyak dikeluhkan adalah kulit wajah. Kulit wajah ini yang akhirnya sering dikeluhkan oleh para perempuan. Maka tak heran perlakuan istimewa dan perawatan extrapun dilakukan untuk menjaga dan merawatnya.

Karena menurut penelitian bahwa apabila wanita sudah lebih dari usia 20 tahun, maka system pelembab alamiah kulit seperti kelenjar keringat dan kelenjar minyak akan berkurang fungsinya. Akibatnya lapisan kulit paling atas akan mengering, menipis, dan akhirnya mengelupas, sehingga kelembaban kulit tidak akan terjaga dengan baik.

Dalam keadaan itu bila tidak dirawat dengan baik makan kulit akan bertambah kering dan tampak lebih tua. Kulit yang mulus dan halus akan menjadi kusam, keriput atau kurang elastis. Dan garis kerut-kerut kulit ini yang menjadi hal yang menakutkan, karena dianggap tidak menariknya penampilan.

keriput - tips mengatasi keriput

Penyebab Keriput

  • Usia adalah salah satu faktor penyebab terjadinya keriput. Karena seiring bertambahnya usia makan kulit ari dan lapisan kulit jangat akan mengalami penipisan, kemudian pengendoran karena kurangnya serabut elastin dan menghilangnya ikatan antar serabut elastin pada usia senja.
  • Lingkungan juga berpengaruh besar pada perubahan kulit. Misalnya, sinar matahari yang menyebabkan hilangnya kandungan air pada kulit, dengan demikian kelembapan secara otomatis akan berkurang.Akibatnya pada kulit akan timbul bercak kecoklatan, hal ini disebabkan pigmen melanin akan terpacu dengan sengatan sinar matahari.
  • Gaya hidup juga mendorong kecenderungan kulit menjadi keriput. Misalnya, kebiasaan menghisap rokok pada seseorang. Hal ini akan menimbulkan kerutan atas bibir dan sekitar mata. Sementara unsure nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada vitamin C yang sangat diperlukan untuk pembentukan serat kologen.
  • Penurunan berat badan yang drastis tanpa dibarengi dengan olah raga akan mengakibatkan kulit berkerut. Hal ini disebabkan karena hilangnya lemak dalam tubuh tertentu.

Masalah Kulit

Dari berbagai masalah yang timbul, setiap rentang waktu usia akan mengalami permasalahan yang berbeda. Misalnya, pada usia remaja, kulit cenderung bermasalah dengan munculnya jerawat, sementara pada usia 30 tahun, kulit akan berubah menjadi lebih kusam, berflek hitam, warna kulit tidak merata, kerut disekitar mata dan garis senyum ( Ujung bibir dan pipi). Bahkan pada usia 40 tahun, ada problem yang kadang tidak terduga misalnya timbul kembali jerawat.

Tips Mengatasi Keriput

Keriput sebenarnya tidak akan pernah bisa dihilangkan, karena memang sudah menjadi takdir manusia dan takdir alam, namun bisa diakali dan diundur kehadirannya dengan beberapa cara mengatasi keriput yang bisa dicontoh.
  • Menjaga asupan makanan sehat, seimbang berupa sayuran hijau, buah-buahan, vitamin, mineral serta konsumsi antioksidan yang memberikan perawatan dari dalam.
  • Air sering dilupakan betapa pentingnya untuk tubuh. Untuk itu, bagi mereka yang bekerja dalam lingkungan ber-AC sebaiknya banyak minum, kekurangan minum akan membuat kulit cepat menjadi keriput.
  • Mandi juga berpengaruh untuk kulit. Terlalu sering mandi dengan air hangat akan mengakibatkan kulit lebih banyak kehilangan minyak dalam kulit tubuhnya. Hal ini mengakibatkan kulit mudah mengalami penguapan. Sebaliknya mandi dengan air dingin justru sangat baik untuk menjaga agar kulit tubuh agar tetap segar.
  • Pilih kosmetik yang tepat. Kesalahan pemakaian kosmetik juga mengakibatkan keripunya kulit, oleh karena itu bagi mereka yang berkulit dengan jenis kering misalnya, pilihlah kosmetik yang tanpa alkohol. Jadi sesuaikan jenis kosmetik dengan jenis kulit.
  • Faktor lain yang dapat menjaga kelembapan kulit adalah dengan mengkonsumsi beberapa vitamin data food supplement, antara lain : vitamin A,C, dan E. Sedangkan bahan antioksidan selain multivitamin juga dapat kita peroleh dari produk olahan seperti susu.

Semoga informasi tentang penyebab Keriput dan Tips mengatasi keriput diatas bermanfaat untuk anda.