Poztmo™ Media

Cara Efektif Mengontrol Emosi

Advertisements
Anda termasuk orang yang mudah tersulut emosinya? Gampang marah, tersinggung, atau memiliki temperament tinggi, dan anda ingin mengontrolnya? Ingin memiliki sifat yang lebih sabar, santun, sopan dan lembut? Kalem... Sebuah penelitian di Inggris menemukan sebuah teknik efektif untuk membuat anda menjadi jauh lebih berhasil dalam mengontrol Emosi anda.

Dr Thomas Denson, dari University of New South Wales, Inggris menemukan bahwa penggunaan tangan non dominan akan sangat membantu dalam Control Emosi alias membantu melatih kesabaran. Maksudnya adalah, jika anda pengguna tangan kanan, maka cara efektif untuk mengontrol emosi dan temperament anda dengan berlatih menggunakan tangan kiri saat beraktifitas. Jadi, saat anda merasakan emosi, marah, nafsu, tersinggung dan sebagainya, gunakan tangan kiri anda untuk memegang mouse komputer, mengaduk-aduk sendok di gelas kopi anda, melempar gumpalan kertas, membuka pintu, makan dengan tangan kiri atau kalau perlu menulis atau ngupil dengan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya bagi pengguna tangan kiri yang dominan.

sifat agresif - impulsif - mengontrol emosi

Study yang dilakukan Dr Thomas Denson ini menemukan bahwa dengan penggunaan tangan non-dominan selama dua minggu, ternyata mampu mengurangi drastis impuls ledakan emosi dan sifat agresif dari objek yang ditelitinya.

Tentunya study ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia modern yang cenderung agresif, dan sifat impulsif ditengah tekanan stress dan depresi akan kehidupan sosial ditengah masyarakat.

Belum lagi sifat yang mudah marah dan agresif memiliki efek negatif bagi kesehatan fisik kita, misalnya saja terkena darah tinggi, stroke, jantung, dan penyakit-penyakit merusak lainnya.

Jadi, bagi anda yang ingin hidup sehat, pikiran yang lapang, ingin memanajemen stress dan mengontrol emosi anda dengan cara yang efektif, latihan penggunaan tangan non dominan akan sangat membantu, apalagi jika diiringi dengan keimanan dan ketakwaan.

Advertisements