Poztmo™ Media

Cara Efektif Meredam Amarah

Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap saat dan setiap waktu kita sebagai manusia berinteraksi dengan manusia lain, baik itu lewat verbal ataupun visual, secara langsung, ataupun tidak langsung seperti lewat telepon, SMS, jejaring sosial macam facebook dan twitter, bahkan lewat tayangan video dan televisi.

Keberadaan seseorang menjadi sangat penting bagi orang lain, ini pun menjadi sebuah alasan bagi situasi emosi seseorang. Bisa menjadi sangat bahagia atau sebaliknya kesal dan marah. Berbagai aktivitas yang di lakukan manusia cenderung membuat labil nya tingkat emosi seseorang.Ya, hubungan atau interaksi sosial memang penyebab utama perubahan emosi dan tingkat stress seseorang.

Saat seseorang ada dalam lingkungan yang nyaman, aman dan tentram maka jiwa seseorang itu akan terasa nyaman, bahagia dan romantis. Tapi terkadang aktivitas itu pula yang menyebabkan seseorang kehilangan moodnya bahkan marah, misalnya pada saat situasi di tempat kerja atau pun lingkungan sekitar yang tidak mendukung yang membuat emosi seseorang berubah-ubah.

cara meredam amarah

Apabila seseorang berada dalam kondisi emosional yang buruk atau emosi yang meningkat seperti marah dan kesal, maka di sarankan untuk mencoba beberapa cara dibawah ini untuk meredam atau menurunkan kadar emosi negatifnya.

Cara Efektif Meredam Amarah

Pertama, cobalah untuk menyendiri serta mencari tempat yang memiliki privasi yang baik, kemudian cobalah untuk berteriak sekencang mungkin. Lokasi atau tempat sangat menentukan cara ini, karena kalau anda berteriak di tempat umum, maka mungkin malah akan membuat emosi orang lain yang meninggi.

Kedua, coba alirkan emosi anda pada aktifitas lain seperti olah raga. Banyak sekali jenis olah raga yang bisa dijadikan media untuk meredam kemarahan, seperti lari, Renang, memancing atau berkuda. Dengan berolah raga maka otak dan pikiran akan terasa sangat tenang, andrenalin yang bertambah akibat tingkat emosi yang meninggi akan bisa tersalurkan dan mengalihkan pikiran menjadi sebuah energi yang positif.

Ketiga, carilah teman untuk berbicara. Sebaiknya pilih teman yang bisa menerima semua cerita dan tidak teman yang mengkritik. Bicaralah pada teman tanpa meminta saran, setelah anda merasa telah cukup mengungkapkan semua permasalahan anda, baru mintalah saran atau jalan keluar dari masalah yang membuat anda marah atau emosi tinggi.

Keempat, cobalah mendengarkan musik yang bernada slow atau simponik, hal ini bisa membuat kerja otak menjadi stabil. Terbukti musik bisa merangsang otak dan dapat membuat imajinasi yang bisa meredam marah atau mood yang kurang.

Kelima, Cobalah menuangkan pikiran kita pada sebuah catatan, coret lah segala keluh kesah kita pada buku tersebut. Lampiaskan semua bentuk kekesalan anda sehingga mengurangi rasa kesal dan batin anda.


Semoga cara meredam amarah dan emosi diatas bisa bermanfaat bagi anda. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan dan semua tergantung dari kepribadian seseorang. Namun yang paling utama adalah Segeralah mengingat Tuhan yang telah menciptakan manusia dengan bentuk dan akal yang sempurna, sehingga bisa menghilangkan marah menjadi syukur atas segala Rahmat yang telah diberikan Tuhan pada manusia.