Poztmo™ Media

To Liong To - Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga

Advertisements
Drama Asia favorite saya nih. Ingat dulu waktu kecil, jaman SD kelas 3 saya sudah menyaksikan serial To Liong To - Heavenly Sword and Dragon Sabre yang kalau dalam bahasa Indonesianya berarti Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga dari kaset Video model VHS. Saya ingat waktu itu ketika ayah saya setiap 1 minggu sekali menyewa kaset VHS drama Asia To Liong To yang dahulu pada era tahun 80an diperankan oleh Tony Leung.

Kembali ke Topik. Hati saya tambah senang setelah tahu Indosiar akan menayangkan kembali Drama Asia dari Taiwan dengan judul To Liong To - Heavenly Sword and Dragon Sabre versi tahun 2003 setelah drama Return of the Condor Heroes versi 2006 selesai tayang tidak lama lagi. To Liong To merupakan sequel trilogi karya Jin Yong (Lous Cha) yang diawali oleh The Legend of Condor Heroes, dilanjutkan dengan Return of the Condor Heroes baru diakhiri oleh To Liong To.

Tentunya jalan cerita dari drama versi tahun 2003 ini tidak berbeda dengan versi 1986 jaman saya dulu waktu SD nonton, dimana dikisahkan Para pendekar dari Sekte Wutong (Butong) yang berjuang dan bertarung membela kebenaran serta membersihkan dunia persilatan dari para pendekar sesat dan jahat.
To Liong to - Pedang Langit Golok pembunuh naga 2003

Sinopsis To Liong To

Diceritakan bahwa pada jaman Yoko, atas permintaan paman Kwee Cheng dan bibi Oey Yong,  Yoko menciptakan 2 buah pedang sakti yang menurut legenda bagi sapa saja yang mampu menguasai ke duanya akan menguasai dunia persilatan. Pedang tersebut adalah Pedang Langit dan Golok Naga. 100 tahun berlalu kedua senjata itu terpisah. Golok Naga dipegang oleh Pendekar Cia Sun yang berjulukan Singa bulu Emas. Hal ini membuat Cia Sun menjadi incaran banyak pendekar dunia persilatan yang ingin menguasai golok sakti tersebut.

Cia Sun akhirnya terpaksa bersembunyi dengan bantuan sepasang suami istri Thio Cui San dan In So So. Suatu ketika, Thio Cui San dan In So So dipaksa oleh para pendekar untuk menyebutkan dimana tempat persembunyian Cia Sun. Karena sudah bersumpah, mereka tidak mau menunjukkannya dan lebih memilih mati bunuh diri didepan anak kecil mereka Thio Bu Ki.

Akhirnya Thio Bu Ki diurus oleh kakek sekaligus ketua perguruan Butong, Thio Sam Hong. Setelah remaja, Bu Ki berkelana dan akibat sebuah kecelakaan masuk kedalam sebuah lubang dalam. Bu Ki terperangkap bersama seekor Yeti (monyet putih) yang ternyata memberikannya kitab ilmu silat Kiu Im Cin Keng karya pendiri Shaolin Tat Mo Couwsu yang membuat Bu Ki menjadi pendekar sakti.

Setelah sakti dan mampu  keluar dari jurang dalam tersebut, Bu Ki terseret arus perseteruan 7 Partai Perguruan Kung-Fu. Sekte Ming (Beng Kauw) dimusuhi oleh 6 sekte lain yang berencana menghancurkan Sekte Beng kauw. Tapi siapa sangka Thio Bu Ki diangkat jadi ketua kehormatan sekte Ming setelah berhasil menguasai ilmu Tapak Menaklukkan Langit dan Bumi yang didapat Bu Ki secara tak sengaja dari makam para tetua Sekte Ming.

Cerita semakin menegangkan disini. Apalagi kisah To Liong To ini dibumbui cerita cinta antara Thio Bu Ki dengan empat orang gadis yang cantik-cantik, yaitu Ciu Ci Jiak, Siauw Ciauw, In Lee dan Zhao Min.

Bagaimana kelanjutan kisah To Liong To - Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga ini? Akankan Bu Ki mampu mendamaikan 6 Sekte Aliran lurus dengan Sekte Ming. Akankah Cia Sun keluar dan menyerahkan Golok Pembunuh Naga nya? Lalu apakah hubungan Seng Kun guru dari Cia Sun dengan semua prahara di Dunia persilatan? Apakah hubungan antara Pedang Langit dan Golok Naga dengan 3 kitab suci, yaitu Kitab Sembilan bulan , Kitab Strategi Perang (Wu Mu Yi Shu)  dan  Kitab Sembilan Matahari? Cerita dengan setting masa kekuasaan Mongol ini sangat layak untuk di saksikan.

Pemeran To Liong To 2003 :
Alec Su sebagai Thio Bu Ki
Ashton Chen sebagai  Buki muda
Alyssa Chia sebagai Zhao Min
Gao Yuanyuan sebagai Ciu Ci Jiak
Florence Tan sebagai Siauw Ciauw
Chen Zihan sebagai Yin Li
Yu Wenzhong sebagai Zhang Sanfeng
Zhang Tielin sebagai Yang Xiao
Bao Yilin sebagai Yang Buhui
Zhang Yijing sebagai Yang Buhui muda
Phyllis Quek sebagai In So So
Elvis Tsui sebagai Cia Sun
Zhang Guoli sebagai Seng Kun


Jumlah Episode To Liong To : 40 Episode.

Sayang Indosiar hanya menayangkan To Liong To - Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga versi 2003. Padahal kita ketahui, sudah ada versi terbaru dari To Liong To - Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga, yaitu tahun 2009.