Poztmo™ Media

Cara Mengatasi Rasa Cemburu

Advertisements
Banyak cara untuk mengungkapkan perasaan dalam hati. Perasaan cinta, sayang, kecewa, sedih dan marah menjadi basic dari segala jenis perasaan hati. Namun ada yang sangat menarik untuk diperbincangkan yaitu perasaan cinta, bukan cinta yang diulas akan tetapi sebuah perasaan yang timbul dari cinta yaitu Cemburu.

Cemburu lahir dari sebuah kehawatiran dan prasangka berlebihan pada sebuah hubungan. Cemburu tidak hanya dirasakan pada sebuah pasangan, namun cemburu juga bisa timbul pada ikatan persahabatan dan hubungan keluarga. Perasaan cemburu sesungguhnya lebih mengarah pada penyakit hati, cemburu juga berakibat sangat besar bagi kehidupan.

Saat seseorang cemburu, segala sesuatu menjadi sangat buruk dimatanya. Keberadaan orang ketiga membuat hidupnya menjadi tidak berjalan normal. Perasaan cemburu sangat menyiksa, menyita akal dan pikiran. Kekuatiran berlebihan dan negatif thinking pada pasangan misalnya yang mengakibatkan seseorang kehilangan kepercayaan dan dihantui dengan rasa takut yang sangat besar. Berbagai perasangka yang belum tentu benar mengakibatkan perasaan takut yang mendalam. Untuk sebagian orang cemburu dipandang sebagai pembuktian dari perasaan cinta dan kasih sayang. Namun jangan salah cemburu juga membuat hancurnya sebuah hubungan.

Banyak sekali kasus yang terjadi karena rasa cemburu. Rusaknya keharmonisan dalam sebuah hubungan, ketidak nyamanan dalam membentuk sebuah ikatan, bahkan sampai terjadinya perpisahan pada sebuah hubungan. Biasanya bila seseorang sudah dilanda rasa cemburu, maka akan sangat kecil baginya untuk berpikir positip dan rasional. Padahal sebenarnya belum tentu rasa cemburu itu bisa menyelesaikan masalah, justru sebaliknya cemburu hanya akan memancing sebuah keretakan dan kehancuran.

cemburu - cara mengatasi cemburu

Sebagai manusia yang diciptakan dengan segala akal, pikiran dan perasaan, cemburu rentan terjadi karena manusia selalu bersosialisasi dengan manusia lainya. Sipat merasa memiliki membuat sebuah perasaan cemburu menjadi berlarut. Semakin besar perasaan seseorang maka lebih besar juga rasa cemburunya.

Cara Mengatasi Perasaan Cemburu

Akan tetapi tidak semua harus menjadi alasan untuk cemburu. Banyak hal yang seharusnya menjadi pertimbangan seseorang untuk tidak mudah cemburu. Kedekatan dan ikatan batin misalnya, kepercayaan terhadap pasangan bisa meminimalkan rasa cemburu. Selidiki terlebih dahulu bila ada gejala yang mencurigakan pada pasangan jangan asal menuduh atau berprasangka. Coba berbicara dengan baik dan selesaikan dengan bijak apabila ada sebuah indikasi ke arah cemburu.

Ada faktor psikologi yang membuat seseorang mudah cemburu. Bisa jadi seseorang itu kurang percaya diri pada pasanganya, sehingga membuat dirinya menjadi kurang sempurna dimata pasanganya. Walaupun pada dasarnya semua manusia pasti merasakan cemburu, namun ada sebagian manusia yang bisa menguasai rasa cemburu. Bahkan banyak yang menggunakan perasaan cemburu untuk hal yang postip dan menjadi bahan renungan sehingga dia bisa lebih baik dimata pasanganya.

Apapun bentuknya cemburu sangatlah tidak nyaman. Jadi kenali cemburu, pastikan segala hal yang menimbulkan perasaan cemburu, dan jadikan hal tersebut sebagai alat untuk intropeksi diri. karena belum tentu pasangan kita dengan sengaja membuat kita cemburu, siapa tau memang diri kita lah yang menggiring pasangan kita untuk mencari bahan untuk kita cemburui.

Advertisements