Poztmo™ Media

Fakta Unik Menarik Tentang UEFA EURO Cup

Advertisements
Fakta Unik EURO Cup. EURO CUP 2012 tak lama lagi akan segera bergulir. Bahkan nuansanya kini sudah mulai terasa, dimana banyak yang ingin tahu seputar kejuaraan sepakbola antar negara benua Eropa anggota UEFA ini yang akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI, Global TV dan MNC TV mulai tanggal 8 Juni 2012.

Kejuaraan UEFA EURO Cup sendiri sejatinya berawal sejak tahun 1960 dan dilakukan 4 tahun sekali. Hingga 2012 ini telah terjadi 13 kali turnament yang memperebutkan piala supremasi tertinggi sepakbola di benua eropa tersebut.


Nah, untuk melengkapi rasa penasaran dan ketertarikan anda terhadap ajang kejuaraan Sepakbola terakbar ke dua di dunia (setelah piala Dunia atau World Cup tentu saja), berikut ini adalah beberapa fakta menarik dan unik piala EURO yang patut anda ketahui.

Fakta Unik EURO Cup

fakta unik menarik UEFA EURO CUP

Raja Piala EURO = Germany
Dari sekian banyak negara yang telah mengikuti Piala EURO sejak tahun 1960, maka yang patut disebut Rajanya piala EURO adalah Jerman. Hal ini terlihat bahwa Jerman adalah negara satu-satunya hingga saat ini yang mampu menjadi 3 kali Juara Piala EURO, yaitu tahun 1972, 1980, dan 1996. Selain itu, Rekor yang belum terpecahkan lainnya adalah bahwa Jerman lah negara yang paling sering mencapai puncak final piala EURO, yaitu pada tahun 1972, 1976, 1980, 1992, 1996 dan 2008.

Yang Terbanyak Bermain
Dari sekian banyak pemain sepakbola yang bertanding membela negaranya masing-masing sejak piala EURO CUP 1960, tercatat 2 nama yang masuk dalam rekor pemain yang paling sering dimainkan oleh negaranya, yaitu Kiper Edwin van der Sar (Belanda) dan Pemain bertahan Lilian Thuram (Prancis) yang masing-masing telah bermain di 16 laga selama pertempuran EURO Cup berlangsung.

Top Scorer EURO Cup
Fakta yang menarik bahwa sejak 1960, hanya 1 pemain yang mampu mencetak 9 gol di ajang Piala EURO Cup, yaitu Michel Platini (Prancis).

Ide EURO Cup.
Hal yang juga menarik adalah, ide tentang pertandingan antar negara Eropa awalnya diusung oleh seorang Henri Delaunay, ketua PSSI nya Prancis pada tahun 1927. Namun beliau tidak pernah bisa menyaksikan pertandingan pertama EURO Cup sepanjang sejarah, karena telah wafat pada tahun 1955.

EURO Cup Pinalty Shootout
Fakta unik tentang UEFA EURO CUP adalah bahwa dari 13 ajang turnament yang telah berlangsung, hanya pada tahun 1976 lah penentuan Juara sejati ditentukan lewat adu pinalti, dimana saat itu Czechoslovakia mengalahkan Jerman 5-3 lewat adu pinalti.

EURO Cup Replay
Fakta unik lain adalah, bahwa selama piala EURO berlangsung, hanya terjadi 1 kejadian pertandingan Replay atau tanding ulang di puncak Final, yaitu pada tahun 1968, dimana Italy keluar sebagai juaranya, yaitu pada pertandingan pertama bermain imbang 1-1, kemudian pada pertandingan kedua mampu menang 2-0 melawan juara ke 2 Yugoslavia. Pertandingan replay ini terjadi karena waktu itu sistem adu pinalty belum di kenal.

Italy Menang Lotre
Hal unik sepanjang sejarah EURO Cup adalah, bahwa pada tahun 1968, untuk menentukan siapa yang lolos ke Final maka dilakukan dengan cara mengundi dengan koin. Saat itu, Italy beruntung lolos ke Final setelah memilih sisi koin yang benar setelah bermain imbang 0-0 dengan Uni Soviet dibabak semi final. Alasannya lagi-lagi, sistem adu pinalty belum diberlakukan. Jadi ya solusinya, lewat undian koin. Wew.. ada-ada saja..

Itulah segelintir fakta unik dan menarik UEFA EURO CUP.