Poztmo™ Media

Pencemaran Tanah

Advertisements
Secara pengertian, Pencemaran Tanah adalah semua keadaan dimana polutan masuk kedalam lingkungan tanah sehingga menurunkan kualitas tanah tersebut. Dimana Polutan bisa berupa zat-zat bahan pencemar baik berupa zat kimia, debu, panas, suara, radiasi, dan mikro organisme.

Banyak hal yang bisa menjadi Penyebab Pencemaran Tanah, seperti terjadinya kebocoran limbah kimia dan polutan-polutan yang dihasilkan oleh proses industri, penggunaan pestisida, masuknya air tercemar kedalam lapisan sub-permukaan, merembesnya minyak, zat kimia, atau limbah beradiasi kedalam tanah, sampah, dan lainnya.

Zat-zat yang masuk kedalam tanah tersebut sangat berbahaya, karena cenderung untuk mengendap dan berubah menjadi zat beracun di tanah, yang tentu saja berdampak langsung terhadap kehidupan manusia secara langsung, karena pencemaran tanah mampu membuat pencemaran terhadap air dan udara disekitarnya.

Dampak Pencemaran Tanah bagi kesehatan sudah sangat jelas sekali, seperti mampu mengakibatkan Leukemia, kerusakan ginjal, keracunan hati, gangguan saraf otot, gangguan sistem saraf pusat, sakit kepala, iritasi pada mata dan kulit, dan bahkan mampu menyebabkan kematian.

Pengertian - Penyebab - Dampak Pencemaran Tanah

Belum lagi dampak bagi Ekosistem Lingkungan, pencemaran terhadap tanah mampu mengakibatkan perubahan terhadap ekosistem yang hidup didalam dan diatas tanah terutama metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Tentu saja hal ini mengakibatkan kepunahan beberapa spesies primer dari rantai makanan, yang secara langsung akan memberikan akibat besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut.

Bahkan, efek kimia dan zat beracun lain yang masuk kedalam ekosistem lingkungan tanah lama-lama akan masuk kedalam tubuh mahluk penghuni piramida makanan tingkat atas seperti manusia, bahkan akan mampu mengubah genetika manusia yang lama-kelamaan mampu memusnahkan manusia itu sendiri.

Oleh karena begitu berbahayanya pencemaran tanah ini, sangat diperlukan bagi kita manusia untuk berperan aktif membersihkan dan mengurangi bahkan menghilangkan pencemaran tanah.