Poztmo™ Media

Pohon Terbesar di Dunia

Advertisements
Jika anda mencari pohon raksasa, anda bisa datang ke Amerika, tepatnya ke Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Disana hidup salah satu fenomena alam pohon yang sangat besar. Nama pohon ini diambil dari nama seorang pimpinan Perang Saudara Amerika, Jenderal William Tecumseh Sherman. Pohon ini pernah dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia pada tahun 1931. Umur Pohon ini diperkirakan sekitar 22 Abad lebih, dan memiliki Volume kayu 1487 m³.

Tinggi (dihitung dari tanah) pohon ini adalah 83,8 meter. Sementara keliling batang di tanah adalah 31,1 meter. Perhatikan foto dibawah untuk membandingkan besarnya pohon raksasa tersebut dengan manusia dewasa :

fenomena alam pohon terbesar di dunia

Namun di benua Afrika ternyata ada yang lebih raksasa dan dinobatkan sebagai  pohon terbesar di dunia, yang diberi nama Baobab. Boabab disebut juga Tree of Life (pohon Kehidupan) karena pohon ini berumur panjang, mencapai 800 tahun. bahkan pohon Boabab dalam foto dibawah diperkirakan berumur 15 abad.

fenomena alam

Baobab dapat menyimpan 300 liter air sekaligus selama musim hujan yang sangat jarang terjadi di Afrika, pohon ini dikeramatkan di daerah asalnya karena mengingatkan penduduk tentang nenek moyangnya. Pohon ini juga terkenal karena salah satu Formasi Baobab di Madagaskar yang paling terkenal terpublikasi secara massal setelah menjadi kandidat The new 7 Wonder Nature.

Kalau pohon-pohon ini berada di Indonesia, mungkin akan hilang di tebang kemudian diekspor keluar negeri dalam bentuk glondongan atau mungkin papan. hehehe. Fenomena Alam Pohon Terbesar di Dunia yang Unik bukan?