Poztmo™ Media

Fenomena Bintang Vampire

Alam Semesta begitu luasnya, sehingga hal-hal aneh, baru dan menarik selalu saja ditemukan. Tidak terkecuali sebuah fenomena unik tentang Bintang Vampire. Istilah ini adalah untuk menggambarkan betapa ternyata ada jenis-jenis Bintang atau Matahari memiliki karakter untuk membunuh bintang lain, menghisap energi dan kehidupannya layaknya seekor Drakula atau Vampire.

Hal ini berhasil diamati oleh sebuah teleskop super raksasa di Chile yang tengah mempelajari Bintang Type O, atau bintang yang memiliki tipe masa, kecerahan dan suhu yang sangat tinggi. Menurut Hugues Sana, ilmuwan dari University of Amsterdam, Belanda, bintang Type O benar-benar jenis bintang Raksasa yang memiliki ukuran sedikitnya 15 kali ukuran matahari kita. Saking panasnya Bintang tersebut yang diperkirakan mencapai suhu 30.000 'C, menyebabkannya memancarkan cahaya biru keputihan yang kecemerlangannya sampai dengan 1 juta kali kecerahan cahaya mentari yang menyinari kita setiap hari.

Namun kekurangan bintang jenis ini adalah mereka memiliki siklus kehidupan yang relatif lebih pendek serta keras, keras dalam artian untuk bertahan "hidup" mereka menhisap energi dan kekuatan bintang-bintang lain, ya seperti karakter Drakula / Vampire.

fenomena luar angkasa - bintang vampire

Seperti foto yang terlihat diatas yang merupakan hasil data dari kamera Teleskop Raksasa ESO Chile (walau foto ini adalah hasil rekayasa namun menggambarkan kondisi sebenarnya yang terjadi berdasarkan kesimpulan data-data yang berhasil dikumpulkan), terlihat bahwa bintang yang lebih kecil (sebelah kiri), tengah "menghisap" energi dari bintang yang lebih besar.

Fenomena merger masa antar bintang ini yang disebut para ilmuwan sebagai Vampire star ini membuka babak baru dan wacana baru tentang Evolusi Galaksi yang selama ini ada.