Poztmo™ Media

Antena Modem CDMA Smartfren Portable

Salah satu keunggulan Smartfren sebagai penyedia jasa layanan internet adalah murahnya harga dan paket yang disediakan. Namun kendala yang sangat mengusik adalah, sinyalnya yang tidak stabil, terutama untuk daerah-daerah pinggiran kota yang tidak tercakup dalam jangkauan sinyal operator yang bergerak di jaringan 800Mhz ini.

Poztmo Media juga mengalami hal serupa, dimana sinyal Smartfren "megap-megap" tidak stabil diatas modem Prolink PCM 100 yang dimiliki, kadang mendapat sinyal EVDO 1-2 bar, kadang sinyalnya hilang sama sekali. Setelah guugling ke banyak situs, akhirnya Poztmo tertarik untuk mencoba salah satu tips dan trik dengan membuat Antena Portable modem CDMA Smartfren.

Kelebihan dan fungsi dari antena portable ini adalah, kita bisa membuatnya dari berbagai alat dan bahan yang cenderung mudah didapat dan tidak mahal, dapat digunakan dalam ruangan (dan memang dirancang untuk digunakan dalam ruangan), dan sangat cocok bagi anda yang memiliki kendala dalam hal stabilitas sinyal yang tidak baik.

Disamping itu, pembuatan yang mudah, cepat dan murah sangat tepat bagi anda yang kesulitan mencari antena modem CDMA mode outdoor, yang juga cenderung mahal dengan harga di kisaran 150 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah.

Adapun alat yang dibutuhkan adalah :
  • Kawat tembaga (saya menggunakan kawat dalam kabel Lan yang tidak terpakai) sekitar 1 meter
  • Gunting
  • Lakban (jika dibutuhkan)

Langsung saja, berikut ini foto-fotonya, yang bisa anda jadikan panduan jika anda ingin memcoba untuk membuat Antena Modem CDMA Smartfren Portable :

Diagram Antena Portable Modem CDMA (Smartfren 800Mhz)
Penampakan hasil membuat Antena Portable


Simple, mudah, cepat dan murah. Hasilnyapun memuaskan, setelah menggunakan antena asal-asalan ini, sinyal EVDO Smartfren yang biasanya hanya 1 bar dan itupun sering hilang, kini stabil di sinyal EVDO 3 bar dan tidak pernah hilang (dicoba selama 5 jam nonstop), bahkan kadang naik menjadi 4-5 bar, namun intinya, sinyal stabil dikisaran 3 bar tanpa pernah turun dan hilang, sehingga browsing dan blogging jadi lancar.



Itu pengalaman pribadi yang bisa saja berbeda hasil dengan lokasi tempat anda. Namun apa salahnya untuk dicoba membuat Antena Portable CDMA ini bukan?

Terimakasih kepada Oprekzone.com atas tutorialnya.