Poztmo™ Media

Jenis Makanan Untuk Rambut Sehat

Advertisements
Rambut adalah mahkota, begitulah ungkapan yang begitu terkenal selama ini, terutama bagi kaum wanita, dan memang begitulah adanya. Rambut adalah bagian dari wanita yang membuat kaum hawa terlihat cantik, indah, dan menarik.

Tentu saja beragam cara dilakukan untuk merawat keindahan rambut, yang kebanyakan malah terjebak dalam mitos perawatan rambut. Namun sebenarnya kunci keindahan dan kekuatan pesona rambut anda (kaum wanita) diawali dari makanan yang anda konsumsi setiap hari. Ternyata, makanan yang dimakan setiap hari, tidak saja berpengaruh terhadap kondisi badan, tetapi juga berpengaruh terhadap kondisi rambut anda.

Dibawah ini adalah beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh rambut anda yang bisa didapat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Baca yuk makanan untuk rambut sehat :

makanan untuk rambut sehat indah berkilau

  • Protein. Zat yang dikenal untuk urusan pembentukan otot dan bentuk badan ini, ternyata juga dibutuhkan rambut untuk memperkuat akar, mempertebal rambut dan memperkuat warna rambut. Bagi anda yang peduli dengan rambut, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat protein seperti susu rendah lemak, putih telur ayam yang direbus, tempe, dan tahu.
  • Biotin (Vitamin B7). Lebih dikenal dengan sebutan vitamin B7. Kekurangan vitamin ini, akan membuat anda terkena anemia atau kurang darah yang membuat tubuh menjadi lemah, lesu dan membuat tubuh menjadi pucat. Pada rambut, kekurangan B7 akan membuat rambut mudah rontok dan terlihat kusam. Anda sangat dianjurkan mengkonsumsi vitamin B7 ini yang bisa ditemukan hampir disemua makanan seperti daging, ikan, telur, dan buah-buahan.
  • Mineral dan Zat Besi. Ternyata, kedua zat tersebut berfungsi untuk memperkuat rambut dan mencegah kerontokan. Hal ini terjadi karena zat besi berfungsi untuk memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat ini, seperti daging sapi, danging ikan, atau bubur gandum.
  • Vitamin C. Sudah tidak dipungkiri khasiat vitamin C bagi kesehatan tubuh, dimana berfungsi sebagai penambah kekebalan tubuh, serta membantu tubuh mencerna zat besi. Tentu saja hal ini secara langsung akan membantu penyerapan zat besi oleh rambut, yang ujung-ujungnya akan membuat rambut lebih sehat dan segar. Untuk urusan vitamin C, ada banyak pilihan yang bisa anda konsumsi yang kebanyakan dari buah-buahan seperti jeruk, strawberry, mangga, dan sebagainya.
  • Asam Lemak. Zat ini dikenal sebagai lemak baik, karena memiliki fungsi yang bermanfaat lebih bagi tubuh dan rambut. Untuk rambut, asam lemak mampu membuat rambut lebih berkilau dan mengurangi efek kekeringan pada rambut yang bikin kepala terlihat acak-acakan. Tentu saja rambut kering beresiko tinggi mudah patah. Asam lemak yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung Omega 3, seperti ikan salmon dan tuna, buah alpukat, dan kacang-kacangan.