Poztmo™ Media

Tips Penulisan Proposal Penelitian

Advertisements
Research didalam bahasa inggris diartikan sebagai riset, penelitian, penyidikan. Namun scientific research diartikan sebagai penelitian ilmiah ( echols & shadily : 480 ). Seandainya dipandang dari pembentukan kata, research datang dari re + search yang bermakna re merupakan kembali serta search yaitu mencari serta seandainya dikombinasi jadi melacak kembali atau seandainya dikembangkan selanjutnya research bermakna melacak, meneliti, atau menyelidiki dengan berulang-ulang dengan cermat serta gawat untuk mendapatkan suatu hal. Research sebagai kata kerja diartikan sebagai melacak, meneliti, atau menyelidiki dengan berulang-ulang dengan cermat serta gawat untuk mendapatkan suatu hal. Aktivitas penelitian atau penyedikan itu dikerjakan dengan berulang-ulang dikarenakan pada hakekatnya manusia mempunyai rasa pingin tahu serta rasa tidak senang yang disebut di antara cirri manusia itu sendiri. Rasa pingin tahu itu berikan motivasi manusia untuk menyelidiki atau meneliti dengan beragam langkah layaknya ajukan pertanyaan, mengamati atau lakukan percobaan.

Rasa tidak senang itu mendorongnya untuk lakukan penyelidikan atau penelitian kemballi pada pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan langkah dengan menerapkannya atau membandingkannya didalam keadaan yang tidak sama. Sesaat itu pergantian selalu berlangsung, apa yang dikira benar pada hari ini bisa berlangsung beralih serta tidak benar lagi di masa datang. Karena pengetahuan yang didapatkan pada saat lantas bisa lantas tidak cocok lagi dengan kondisi pada saat saat ini. Kenyataan yang demikian menorong manusia untuk dengan terus-terusan memutahirkan, menambah, serta memperkaya pengetahuannya.

The australian bureau of statitistics ( 1993 ) mendeskripsikan arti research ini  : as comprising creative work undertaken on a sustematic basis in order to increase the stock of knowledge, including knowledge of man, culture and society, and the use of this knowledge to devise a new application. Hakekat research layaknya yang diungkapkan oleh abs itu berikan cirri research sebagai aktivitas kretaif yang bermakna aktif melacak problem untuk di teliti aktivitas dilakukan secara sistematis bermakna melewati rencana serta persiapan gunakan pendekatan, kiat, serta metode yang cocok untuk meraih tujuan.

Namun David Dunan ( 1992 ) mengemukakan bahwa … research is a process of formulating questions, problems, or hypothesis, and analysing or interpreting these data. Pengertian david nanan itu tunjukkan bahwa penelitian mempunyai tiga unsure : ( 1 ) pertanyaan, problem, atau hipotesis ; ( 2 ) data ; serta ( 3 ) kajian serta interpretasi.

Beragam pendapat lain perihal research yang dihimpun oleh David Dunan merupakan seperti berikut :

Rerkait dengan penyelidikan yang mempunyai dua komponen yaitu sistem serta hasil. Sistem terkait denngan bidang penyelidikan serta bagaimana penyelidikan bisa dikerjakan untuk meraih tujuan. Namun akhirnya adalah pengetahuan yang didapatkan melewati sistem penyelidikan.

Researh termasuk pengumpulan info, klasifikasi, kajian, serta interpretasi untuk lihat sejauh mana tujuan research terwujud.

Lakukan penyelidikan terstruktur yang diinginkan membuahkan pengertian yang lebih luas perihal problem yang diminati. Penyelidikan itu terbuka untuk umum. Satu aktivitas mengkaji serta menilai dengan gawat satu problem. Menghimpun serta dan mengkaji data didalam bidang spesifik untuk menyempurnakan teori.
Evaluasi, bertanya pertanyaan, penyelidikan kajian, menguji hipotesis, membahas, menghimpun serta mengkaji data didalam bidang spesifik melewati metode yang ditetapkan.

Tujuan research adalah :
  • beroleh hasil dengan metode ilmiah dengan objektof bukan hanya subjektif
  • memecahkan problem, menguji penerapan teori serta beroleh pemahaman baru
  • mencerahi peneliti serta orang lain yang berminat
  • menunjukkan atau menyanggah pemikiran-pemikiran yang baru atau yang sepanjang ini telah ada
  • menyangkal pendapat atau kepercayaan yang didasari atas mistik, beri dukungan pendapat, mendapatkan suatu hal yang baru, serta mendapatkan pemecahan problem.

Menyusun proposal penelitian

kerap sekali nampak pertanyaan perihal tata langkah menyusun proposal penelitian serta format atau wujud penyajiannya. Pertanyaan itu nampak bukan sekedar dari mahasiswa dari tiap-tiap strata pendidikan, namun juga dari kelompok umur guru yang bermaksud lakukan penelitian sebagai di antara aktivitas ilmiyah yang butuh mereka kerjakan saat mengusulkan kenaikan pangkat serta jabatannya. Sesungguhnya pertanyaan tersebut terjawab dengan tuntas didalam mata kuliah metodologi penelitian. Walau demikian oleh dikarenakan mata kuliah tersebut dipelajari telah lama, barangkali ingatannya tidak fresh lagi. Atau barangkali juga pertanyaan itu nampak dikarenakan pengalaman yang kurang mengasyikkan didalam sistem mengajukan proposal penelitian.

Tulisan ini coba berikan uraian singkat perihal penyusunan proposal penelitian, dengan anggapan bahwa pada hakikatnya tak ada format, sistematika serta isi proposal yang baku atau standar. Dikarenakan format, sistematika, serta isi proposal penelitian bergantung pada tujuan serta kesepakatan di kelompok umur spesifik. Dengan spesial tulisan ini diinginkan bisa berguna untuk mahasiswa/i di jurusan teknologi pendidikan fip unj, yang tengah menyiapkan proposal penelitian untuk penulian skripsinya.

Apa yang disebut dengan proposal ?

Proposal berarti usulan yang disebut hasil dari aktivitas mengusulkan atau propose didalam bahasa inggris. Karena proposal yaitu merupakan satu usulan atau gagasan yang membutuhkan persetujuan dari pihak lain sebelum saat dikerjakan. Isi proposal bisa berbentuk rancangan aktivitas, dana, pelaksana, serta lain sebagainya.

Apa tujuan proposal ?

Proposal mempunyai tujuan untuk berikan gambaran atau gambaran perihal satu gagasan aktivitas dengan lengkap, jelas, singkat, serta gampang dipahami sebagai bahan pertimbangan untuk pihak yang berikan persetujuan atas aktivitas yang diusulkan. Telah barang pasti kesuksesan satu proposal adalah disetujui oleh pengambil ketentuan yang berwewenang.

Apa yang disebut dengan proposal penelitian ?

Proposal penelitian adalah usulan yang diisi gagasan aktivitas penelitian yang di sajikan dengan tertulis untuk beroleh persetujuan dari pihak yang berwewenang. Pihak yang berwewenang disini barangkali layaknya lembaga/instansi yang dapat mensponsori atau membiayai penelitian tersebut, area atau tujuan penelitian, serta lembaga/instansi yang menghendaki dikerjakannya penelitian. Untuk kepentingan penulisan skripsi, proposal penelitian dibutuhkan untuk beroleh persetujuan dari ketua jurusan atau ketua program bidang studi.

Apa isi proposal penelitian ?

Proposal penelitian mengemukakan dua perihal pokok yaitu ( 1 ) problem yang dapat di teliti, serta ( 2 ) metodologi penelitian.

Problem penelitian.

Problem penelitian merupakan suatu hal yang pingin diketahui atau dipecahkan/diatasi oleh peneliti melewati prosedur ilmiah. Karena jadi problem penelitian butuh dirumuskan dengan jelas serta operasional. Supaya jadi jelas dan untuk menunjukkan kedudukan serta pentingnya diketahui atau dipecahkan, jadi problem itu butuh diberikan latar belakang memberikan info pendahuluan perihal kondisi area serta saat problem itu berlangsung. Latar belakang ini juga sebaiknya bisa berikan gambaran yang jelas perihal beragam kesenjangan yang berlangsung serta yang barangkali berlangsung beserta mengakibatkan seandainya problem itu tidak diekatahui serta diatasi. Oleh dikarenakan itu saat mengawali satu penelitian, yang utama serta terlebih dikerjakan adalah mengidentifikasi problem. Kejelasan problem dapat menolong peneliti untuk menentukan serta memilih metodologi penelitian yang pas.

Metodologi penelitian

metodologi penelitian adalah pengetahuan perihal metode-metode yang dipergunakan didalam penelitian. Oleh dikarenakan metodologi penelitian tawarkan beragam metode saat melakukan satu penelitian, jadi peneliti butuh menentukan metode yang pas didalam makna efisien serta efektif untuk meraih tujuan penelitiannya. Karena acuan utama saat memilih metode penelitian adalah problem pebelitian. Bukan hanya memilih metode penelitian terlebih dulu baru merumuskan problem penelitian.

Unsur-unsur yang perlu di perhatikan saat menentukan problem penelitian

Pastikan bidang penelitian yang diminati atau yang menarik untuk anda sebagai peneliti. Contohnya di bidang media evaluasi, organisasi studi, dan sebagainya yang relevan dengan bidang studi teknologi evaluasi.
Pastikan problem yang menarik perhatian anda serta anda mempunyai pengetahuan serta wawasan yang cukup perihal problem itu. Contohnya problem perihal design, pengembangan, pemakaian, pengelolaan, atau evaluasi didalam sistem serta sumber-sumber studi.
Yakini bahwa ada teori yang cukup untuk membahas, mengkaji, atau mengevaluasi problem yang akan anda cermat. Perihal ini diperlihatkan juga dengan melengkapi proposal penelitian dengan daftar pustaka.
Yakini bahwa anda bisa menghimpun serta beroleh data perihal problem yang dapat anda cermat.
Yakini bahwa problem yang anda tentukan belum dulu di teliti orang lain dengan objek serta area yang sama.
Yakini bahwa ada saat yang cukup untuk lakukan penelitian cocok dengan tujuan saat yang ditetapkan dimulai dari pengumpulan, pengolahan, penyajian, serta kajian data sampai ke penulisan laporan penelitian. Penelitian untuk skripsi baiknya ditargetkan selesai didalam enam bln. Atau satu semester.
Yakini ada pembimbing dari sisi materi serta metodologi penelitian yang mempunyai keahlian yang cocok dengan bidang penelitian anda.

Bagaimana format proposal penelitian disusun ?

ada beragam maacam format proposal penelitian dipandang dari sistematika serta isi dan kelengkapan proposal. format proposal penelitian lazimnya ditentukan oleh :

kesepakatan didalam lembaga/instansi/kelempok. oleh dikarenakan itu format proposal penelitian antar perguruan tinggi atau antar fakultas, apalagi antar jurusan barangkali tidak sama. walau demikian setdak-tidaknya didalam satu jurusan sebagai unit terkecil di satu perguruan tinggi sebaiknya sama.
tujuan proposal penelitian. proposal penelitian untuk kepentingan beroleh sponsor serta dana bisa tidak sama dengan proposal penelitian untuk kepentingan penulisan skripsi, tesis, serta disertasi. untuk proposal penelitian untuk kepentingan mencukupi kriteria akademis umumnya tidak berisi rincian dana yang dibutuhkan dan sumber dana untuk penelitian yang diusulkan.

type penelitian. proposal penelitian yang memakai paradigma kuantitatif bisa tidak sama dengan yang memakai paradiga kualitatif. demikianlah juga format proposal penelitian untuk penelitian eksperimen bisa tidak sama dengan penelitian survey.
organisasi profesi. format proposal penelitian yang disepakati serta dipergunakan antar organisasi profesi bisa juga tidak sama satu sama lain contohnya, the association for educational ; communication and technology menyepakati format proposal penelitian ( aect, 1995 ), yang tidak sama dengan american pscychological association ( apa ), atau dengan . moderen language association ( mla ). di indonesia format penelitian yang dipergunakan ikatan dokter indonesia ( idi ), tidak sama dengan ikatan sarjana ekonomi indonesia ( isei ), atau dengan persatuan insinyur indonesia ( pii ).

format yang mana lalu dipergunakan, satu proposal penelitian pada hakikatnya sedikitnya memiliki kandungan dua unsur utama yang dikemukakan pada mulanya yaitu ( 1 ) problem serta ( 2 ) metodologi. pengembangan ke-2 unsur tersebut didalam proposal penelitian bisa tidak sama. kelayakan satu proposal penelitian bisa dipandang sejauh mana kejelasan ke-2 unsur tersebut di jabarkan.

Isi pokok proposal penelitian

pendahuluan.
pendahuluan menjelaskan dengan ringkas
( 1 ) latar belakang problem,
( 2 ) problem,
( 3 ) teori yang terkait dengan problem,
( 4 ) variable yang di teliti, dan
( 5 ) pertanyaan-pertanyaan spesifik yang diserahkan didalam penelitian.

Metode serta sumber data:

  • metode penelitian yang dapat dipergunakan terhitung populasi, responden, tehnik pengumpulan data serta instrumen pengumpulan data, serta tehnik kajian data ;
  • didalam penelitian eksperimen dijelaskan design eksperimen, variable bebas serta variable terikat serta langkah lakukan eksperimen itu ; untuk penelitian kualitatif diutaikan konteks/latar, tujuan, kontrol validitas, serta tujuan ;
  • bahan serta alat dan tehnik-teknik spesial yang dipergunakan didalam penelitian ; dan
  • urutan beberapa langkah yang dapat ditempuh terhitung urutan beberapa langkah didalam pengumpulan data.
  • jadwal aktivitas penelitian dengan rinci, dimulai dari penyusunan serta mengajukan proposal, kajian teori, penyusunan instrumen, pengumpulaan data, pengolahan data, dan penyusunan laporan penelitian

Hasil penelitian

bagian ini mengemukakan dengan singkat hasil dan faedah yang diinginkan dari penelitian dan tunjukkan pentingnya dikerjakan penelitian yang diusulkan.

Diskusi serta implikasi.

bagian ini menguraikan selanjutnya perihal hasil yang diinginkan dari penelitian ini memberikan penjelasan perihal keunikan penelitian dan perbedaannya dengan penelitian-penelitian sejenis pada mulanya dan implikasinya didalam pendidikan biasanya dan didalam teknologi evaluasi pada terutama.

Berapakah panjang proposal penelitian dituliskan ?

layaknya dikemukakan pada mulanya, tujuan penulisan proposal adalah sebagai bahan pertimbangan saat memberikan persetujuan atas proses penelitian yang diusulkan. dipandang dari keperluan ini jadi satu proposal itu sebaiknya bisa meyakinkan pihak yang berwewenang berikan persetujuan, yang bermakna isi proposal sebaiknya logis, meyakinkan butuh dan bermanfaat dikerjakan didalam pengembangan teori serta atau praktik di bidang teknologi evaluasi.

AECT berikan batasan panjang proposal penelitian berkisar 1000 kata atau berkisar empat halaman dengan pemikiran bahwa ada peluang untuk mempresentasikan proposal penelitian itu didalam pertemuan tatap muka. didalam hubungannya dengan proposal penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, atau disertasi, ada peluang untuk mempresentasikannya didalam seminar proposal penelitian atau sedikitnya ada peluang untuk menjelaskannya pada ketua program studi.

Persiapan yang dibutuhkan saat menyusun proposal penelitian untuk penulisan skripsi

  • tetapkan bidang serta problem yang akan di teliti didalam lokasi teknologi evaluasi.
  • kreatif serta inovatif saat menentukan bidang serta problem penelitian hindari bidang, type, serta problem penelitian yang telah sering/banyak dilakukan
  • batasi area lingkup problem penelitian dari aspek type problem, variable, tingkat serta jenjang pendidikan, populasi serta responden, serta area penelitian.
  • mencari teori yang berkenaan dengan problem itu.
  • review/kaji penelitian-penelitian yang dulu dikerjakan didalam bidang serta problem yang sudah dipilih.
  • pertimbangkan kemungkinan serta kelayakan penelitian dipandang dari sumber-sumber teori, sumber data, dana, serta saat.
  • diskusikan problem penelitian itu dengan rekan atau dosen/peneliti yang memiliki pengalaman didalam bidang tersebut.
  • pegang teguh bahwa anda aalah pemilik serta penanggung jawab proses serta hasil penelitian. pemikiran orang lain merupakan sebagai masukan untuk memantapkan anda memutuskan saat menyusun proposal penelitian dan melaksanakannya masa datang.

Panduan penutup

segera kerjakan butir diatas tanpa menunda hari besok dikarenakan barangkali besok hari inspirasi anda sudah memudar. janganlah lupa sesuaikan format, sistematika, serta isi proposal penelitian anda dengan yang berlaku di jurusan teknologi pendidikan, fip-unj, demikian sudah diawali menulis proposal, janganlah dulu terlewat hari-hari anda tanpa menyempurnakannya dari saat ke saat sampai tujuan anda terwujud. tidak kian lebih enam bln. dimulai dari sentuhan pertama menulis proposal penelitan sampai sentuhan paling akhir saat menulis laporan penelitian.

perumpamaan bisa memperjelas rencana atau teori, namun tulisan ini tidak dilampiri/disertai perumpamaan proposal penelitian dikarenakan sering berlangsung perumpamaan itu jadi mengikat dan membatasi kreativitas. walau demikian terlampir ada format yang bisa digunakan sendiri untuk lakukan evaluasi sendiri kelayakan satu proposal. format tersebut diambil dari sumber lain.

Advertisements